Selasa, 27 Maret 2012

selama masih ada harapan, pasti ada jalan untuk sukses. Bagi mereka yang "besar", harapan adalah satu-satunya kekuatan

Sudah banyak ceritra yang kita dengar tentang kisah keberhasilan orang-orang besar. Barangkali sudah seribu satu kisah yang sudah kita simak tentang bagaimana orang-orang sukses menggapai impian dan harapan mereka. Tidak banyak mereka yang sukses menikmati hidup dalam kehidupan yang mewah sekaligus megah, namun pada kenyatannya mereka hidup dalam lingkungan yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan manusia lainnya, persis sama dengan kita yang hidup dalam kesederhanaan. Justru kesederhanaanlah yang membuat mereka menjadi orang yang sangat luar biasa.

Kebanyakan mereka memulai kesuksesannya melalui langkah kecil, sederhananya mereka selalu yakin dengan sebuah langkah kecil, dengan memulai melangkah berarti mereka telah membuka pintu kesuksesan. Inilah prinsip hidup yang mereka yakini sebagai awal menuju langkah besar dan sekaligus langkah awal untuk menggapai impian.

Mereka yang sukses akan selalu dikenal oleh orang lain karena keberhasilan mereka dalam membuat suatu perencanaan kehidupan yang layak dipertimbangkan dan diikuti oleh orang lain dan semua mereka memiliki kesamaan dalam hal ini walaupun Pada kenyataannya mereka yang sukses memiliki karakter yang berbeda-beda, namun ada kesamaan yang terlihat dalam diri mereka, mereka selalu memiliki harapan besar untuk sukses, harapan yang kuat untuk bisa menggapai impian mereka, dan harapan yang menjadikan semangat juang mereka tetap berkobar dalam menggapai segala impian karena keyakinan yang mantap bahwa tuhan akan memberikan apa yang terbaik bagi jalan keberhasilan itu. Mereka percaya bahwa selama masih ada harapan, pasti ada jalan untuk meraihnya. Bagi mereka harapan adalah satu-satunya kekuatan pendorong untuk tetap berjuangan.

Bagaimanapun sulitnya menempuh jalan keberhasilan itu, pengharapan dan keyakinan membuat mereka mampu bertahan dengan sebuah senyuman agar bisa merealisasikan impian-impian mereka.
Sebagian mereka percaya bahwa keberhasilan yang ada dalam genggaman tangan mereka saat sekarang ini didapatkan dari kerja keras dan keyakinan hati pada sebuah pengharapan, pun juga hasil karya dan kerja keras orang lain yang telah bersinergi dengan diri mereka dalam segala hal baik secara langsung maupun tidak langsung, disadari atau tidak, begitulah yang sebenarnya terjadi. Mereka menjadi seorang besar seperti sekarang ini karena kontribusi positif orang-orang yang ada disekitar kehidupan mereka atau dimanapun mereka berada. Dengan keberhasilan yang mereka raih, ada suatu bisikan halus dalam hati mereka untuk berbagi kasih dengan orang lain.

Jika sudah sampai dijalan ini, mereka yang besar tidak hanya membesarkan baju kebesaran Mereka dijalan pencerahan, namun juga ikut membesarkan orang lain dalam mencapai tujuan sebenarnya kehidupan ini. Inilah sejatinya kesuksesan yang mengantarkan pada pencapaian agung, baju kebesaran yang melekat ditubuh mereka tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk mengasihi sesama, justru baju keberhasilan itu mereka gunakan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi orang lain. Bagi mereka, orang lain adalah lentera penerang dalam kehidupan mereka untuk menemukan jalan kesuksesan ditengah pentas kehidupan ini.

 Baju kesombongan benar-benar mereka lepaskan agar mereka tidak terkurung dalam kehidupan yang sempit karena pada dasarnya kehidupan ini akan terasa sempit karena adanya rasa sombong didalam jiwa. Bagi mereka yang sukses, baju rendah hati telah melekat dalam tubuh mereka sehingga mereka mau untuk belajar dan terus belajar dari kehidupan orang lain, rasa gengsi sudah tidak lagi menjerumuskan mereka pada suatu sikap kemelekatan yang tidak menguntungkan kehidupan mereka dikemudian harinya, Adalah mereka yang sukses selalu bercermin dari kehidupan karena adanya harapan yang kuat akan terbukanya pintu kesuksesan dari sebuah keyakinan untuk terus belajar dan belajar dijalan pencerahan.

 Ingat kawan, kita butuh harapan besar untuk bisa menjadi seperti mereka yang sudah berbaju kesuksesan dengan segudang pencapaian impian dalam kehidupan mereka. Namun pada kenyataannya kita seringkali kehilangan pegangan ketika kita kehilangan harapan. Begitu harapan itu sirna, tiba-tiba saja energi kita terkuras habis tanpa sisa hingga membuat semangat juang itu semakin melemah saja dari hari ke hari bahkan tanpa sisa sedikitpun yang tersisa, jika sudah demikian, sulit rasanya untuk menggandeng kesuksesan itu. begitu harapan ini hilang, kita begitu mudahnya terombang ambingkan oleh samudara kehidupan ini karena begitu rapuhnya hidup kita tanpa sebuah pengharapan.

 Ada banyak bukti yang bisa kami suguhkan kepada anda betapa begitu berartinya sebuah pengharapan untuk menopang pencapaian dalam kehidupan. Tidak ada seorangpun yang mau untuk mengakhiri hidupnya jika dia masih memiliki  harapan? Harapan itulah yang membuat mereka semakin bertumbuh dewasa ditengah pentas kehidupan ini.

Hanya orang-orang yang tidak memiliki harapan untuk hidup dan hidup tanpa harapan yang begitu gagah berani mengakhiri hidupnya. Entah itu dengan menggantung diri, terjun dari gedung bertingkat sepuluh, minum racun, memotong urat nadi, membakar diri atau apapun cara mereka untuk melakukan percobaan bunuh diri (jangan dicoba dirumah! Cara-cara tersebut bukan untuk diuji cobakan, hanya mereka yang professional yang boleh melakukannya. Emang ada yach??? Mmmm… kayaknya gak ada, oleh karenanya jangan sekali-kali mencobanya dirumah. Okey!!!). Sungguh mereka berani melakukannya karena tidak ada harapan untuk hidup dan hidup tanpa sebuah harapan yang jelas, oleh karenanya mereka berani mengakhiri hidup dengan segala cara apapun agar ajal mereka segera menjemput (lebih cepat lebih baik.. hehehe peace).

Ketakutan demi ketakutan menyelimuti kehidupan menyebabkan hilangnya harapan demi harapan. Hal yang wajar jika kita mengalami ketakutan dalam hidup ini, ini suatu pertanda kalau kita harus lebih siap untuk menjaga apa yang kita miliki agar kita bisa tetap bertahan hidup, namun adakalanya ketakutan demi ketakutan itu melebihi batas normal, bisa jadi dibelakang hari rasa ketakutan itu membuat harapan dan impian itu sirna dengan sendirinya.

Ada satu cara untuk menghilangkan rasa ketakutan itu dan menumbuhkan keyakinan yang kuat akan pencapaian pada sebuah pengharapan, yakinlah kepada kepastian takdir tuhan, semua yang diberikannya adalah sesuatu yang kita butuhkan dan memang harus ia berikan untuk membuat kita semakin bertumbuh disetiap harinya, menolak dari pemberian yang ditakdirkan-Nya tidak hanya menghapus segala pengharapan yang sudah kita gaungkan dalam hati, pun juga mendatangkan ketakutan-ketakutan yang membuat jiwa kita keropos dengan sendirinya.

Tidak ada seorang pun yang menginginkan hidupnya dalam kesengsaraan. Semua orang tentunya memiliki harapan untuk bisa hidup dalam kebahagiaan. Oleh karena itu, siapa pun juga harus memiliki harapan agar ia bisa lebih kuat menjalani hidup. Saya, anda, mereka, semua orang atau siapapun juga haruslah hidup dalam impian dan harapan. Dengan menumbuhkan keyakinan yang kuat bahwa tuhan bersama kita disetiap harinya, dimanapun dan kapanpun, harapan yang ada itu akan bersemi melahirkan kekuatan baru dan mengibarkan semangat juang agar kita benar-benar hidup dalam keberanian yang mantap. “Seseorang dengan tujuan yang jelas akan membuat kemajuan walaupun melewati jalan yang sulit. Sedangkan Seseorang yang tanpa tujuan, tidak akan membuat kemajuan walaupun ia berada dijalan yang mulus!.” Begitulah pesan seorang bijak; Thomas Carlyle kepada kita semua agar kita benar-benar memulai hidup ini dengan merancang harapan demi harapan yang ingin kita capai nantinya.

Harapan itu adalah doa bagi pertumbuhan jiwa kita dihari esok, suatu saat nanti Tuhan akan memberikan apa yang pernah kita panjatkan kepadanya, termasuk harapan yang tertuangkan dalam jiwa kita masing-masing karena sesungguhnya harapan itu bagian dari doa sebagaimana apa yang kita pajatkan saat setelah selesai menunaikan ibadah sholat atauibadah-ibadah lainnya.

Ada satu tugas penting yang harus kita selesaikan bersama-sama wahai kawan, sebelum melangkah lebih jauh untuk mencapai setiap impian yang ingin kita torehkan ditengah pentas kehidupan ini, cobalah sejenak kita Tanyakan apa kata hati ini tentang harapan-harapan yang sedang menggelayuti seluruh ruang jiwa saat sekarang ini! Jika sudah ada pesan hati yang telah berbisik dalam-dalam. Cobalah untuk membebaskan diri dari masa lalu yang menyakitkan, barangkali kesakitan-kesakitan masa lalu itu muncul karena kita tidak memiliki pengharapan untuk menapaki jalan kehidupan.

Saatnya merekonstruksi kembali kehidupan baru dengan perencanaan yang benar-benar matang. Tanyakanlah pada diri masing-masing apa yang sebenarnya impian dan harapan sampaikan! Dengan membuka jalan pengharapan menapaki kebebasan bagi Jiwa untuk bergerak bebas ditengah kemelut kehidupan, ia akan menuntun kita terbang tinggi menggapai jalan pencerahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar