Minggu, 25 Maret 2012

GALAU lagi, GALAU lagi.. Mmmm, Bersukacita saja-laah...


Apabila seseorang mendapatkan sesuatu hal yang tidak diinginkan dalam episode kehidupannya, akan sangat mudah sekali baginya merasakan hidup dalam kubangan penderitaan, perasaan sumpek, hidup tak bersemangat, bimbang dan GALAU akut bahkan kronis. Bagaimana halnya dengan orang yang mengalami kesuksesan dalam hidupnya? Tentu saja akan sangat mudah baginya untuk bersuka cita, merasakan kemenangan dalam hidupnya. Sedangkan bagi mereka yang sedang didera oleh ragam permasalahan hidup, sulit sekali rasanya untuk bersuka cita; merayakan hidup untuk menyambut kemenangan hari esok. Justru yang ada adalah ungkapan perasaan yang semata-mata melihat diri lebih kecil dari permasalahan yang menimpa.

Anda juga mungkin pernah mengalami hal serupa, Bukan? Ketika kehidupan ini tidak memberikan apa yang Anda inginkan, hati ini rasanya tidak mau lagi untuk bersuka cita, tertutup wajah keceriaan yang pernah ada. Ketika kondisi kehidupan mulai menghimpit, seolah-olah hidup sudah tidak bersahabat lagi, seakan-akan titik terang untuk menatap masa depan sudah redup dan bahkan impian untuk meraihnya pupus ditengah jalan.

Jujur saja, Saya pribadi pernah mengalami hal demikian. Dan sesungguhnya semua itu adalah hal yang manusiawi sebagai bentuk respon atas segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini. Kita sadari, manusia tidak akan pernah luput dari rangkaian masalah yang mendera dalam hidupnya. Masing-masing individu memiliki problematika kehidupan yang sangat beragam bentuk, corak dan warnanya. Sayangnya, tidak banyak orang yang mau memilih menjadi pribadi merdeka untuk bersuka cita dalam kondisi hidup apapun yang terbentang didepan mata.

Dalam sebuah pesan sederhana disebutkan, mereka yang sejak awal telah bersandar dihadapan kasih tuhan, semangatnya tidak akan pernah pudar. Mereka yang sejak awalnya berserah diri kepada yang Maha Besar, semangatnya akan terus berkobar dan tak akan mudah digoncang oleh terpaan kesedihan maupun penyesalan. Inilah tanda banhwasanya mereka telah mendapatkan keberhasilan sejak awal. Ini mengingatkan kita akan suatu hal yang sering terlupakan. Dalam hidup ini, Persoalan hidup tidak ditentukan oleh besar kecilnya suatu permasalahan, melainkan ada tidaknya kemenangan dalam diri seseorang untuk tetap merasakan suka cita dalam setiap prosesi kehidupannya.

Ketika kita bisa merasakan kemenangan disetiap perjalanan. Sejatinya permasalahan hidup tidak lebih sebagai batu loncatan untuk bisa meraih mimpi yang lebih besar dihari esok. Lantas apa lagi yang membuat kita berkubang dalam tangis kesedihan? Yakinlah! Orang yang memiliki kemenangan dalam hidupnya adalah mereka yang merdeka atas tuntutan duniawi karena sepenuhnya yakin bahwa tuhan tidak pernah melupakan makhluknya.
Semangat demikian akan memunculkan harapan baru penuh suka cita yang akan mengantarkan kita kepada sebuah pencapaian luar biasa yaitu kemenangan besar yang membuat kehidupan terbebaskan adanya. Jadi, apapun yang terjadi dalam hidup ini, selama kemangan dalam diri selalu berkibar, maka kekuatan untuk bisa menghadapi persoalan hidup akan bertumbuh subur dengan sendirinya lantaran itu semuanya akan menuntun diri pada pencapaian hidup yang jauh luar biasa dari sebelum-sebelumnya.

Sederhananya, mereka yang hidup dalam kondisi tertekan dan ketiadaan kemerdekaan dalam dirinya akan sangat mudah tergelincirkan hidupnya dalam kesengsaraan dan ketersedihan, mereka ini akan sangat mudah sekali dilanda perasaan sedih, takut, cemas dan depresi. Ia akan sangat bingung dan kehilangan orientasi yang suatu waktu menjadikannya lumpuh sehingga kehidupan ini semakin diluar dari apa yang dimimpikannya. Jika hidup seseorang sudah didominasi oleh sikap demikian, akan sangat mudah hidupnya tergelincirkan dalam jurang penderitaan. Sungguh tidak ada seorangpun yang menginginkannya, Bukan?

Tentu saja anda tidak mau menjadi korban situasi yang demikian, bukan? Yang menjadi harapan besar anda adalah menikmati hidup dalam kemenangan dan bersuka cita dalam kondisi apapun. Tapi, bersuka cita dan merdeka dalam kondisi yang sulit bukanlah hal mudah. Hanya saja sesuatu yang sulit bukan berarti tidak bisa untuk kita miliki. Oleh karena itu kita dingatkan kembali untuk membesarkan IMAN dalam dada bahwa tuhan selalu ada untuk menjadikan kehidupan kita menjadi luar biasa.

Percayalah! Segala sesuatu yang ada didunia ini hanyalah fana dan sementara, ini artinya tidak ada yang kekal abadi. Sungguh, Hanya Dialah yang maha sempurna atas segala-galanya, Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk membesar-besarkan permasalahan dan atau berlebihan dalam menghadapi kesulitan yang sedang menimpa. Seberat apapun masalah itu, ia akan makin mengecil dan sirna. Seberat apapun, ia akan makin ringan dan dan hilang entah kemana.

Segala bentuk kesengsaraan hidup, kesulitan dan penderitaan tidak akan pernah tumbuh dan berkembang seperti tanaman.jadi, apalah gunanya kita menjadi budak atas kehidupan diri kita sendiri padahal besar sekali kesempatan kita untuk merdeka. Biarkan saja kesulitan hidup terus saja datang menerpa, sebab dari setiap peristiwa dalam episode kehidupan ini ada kemenangan yang bisa kita peroleh darinya karena sesungguhnya Tuhan Yang Maha Besar selalu dan tak akan pernah luput untuk menghadirkan ragam kebaikan dan kebahagiaan didalamnya. Tersenyumlah…jadikan semua penderitaan yang mendera sebagai cerita indah yang mengagumkan diakhir episode kehidupan.

Sejatinya, Dengan suka cita, seseorang mampu meraih segala mimipi-mimpi indahnya. Dengan kemerdekaan hidup yang dimilikinya seseorang mampu untuk berpikir jernih. Dengan demikian ragam peristiwa yang terjadi tidak mudah membuat hati galau. Kemerdekaan diri dalam permasalahan hidup membuat kehidupan seseorang lebih dewasa dan membuatnya mengerti kehidupan yang menabjubkan.

Percayalah! Jika hari ini gelap sedang menimpa diri anda dan anda terus bersabar dan terus melangkahi segala yang terbentangkan didepan mata, maka kehidupan terang benderang penuh kebahagiaan menunggu anda dimasa mendatang dalam berkah senyuman. Bukankah ini tujuan utama kita yang selama ini kita idam-idamkan? Kenapa harus berdiam diri? Inilah saatnya membuka mata dan menggapai segala mimpi yang ada. Tersenyumlah atas segala anugrah!!! Keep spirit for our life better

Salam satu jiwa. Salam sehat jiwa untuk menggaai hidup bahagia

Mustafid Amna Umary Erlangga Kusuma Perdana Saputra Zain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar