Minggu, 27 Mei 2012

Anda adalah penentu bagi terciptanya kesehatan Anda sendiri.

Jangan anggap remeh kesehatan Tubuh Anda-Saatnya Menjadikan Kesehatan adalah Anugrah Terindah dalam Hidup ini...

Membahas dan mendiskusikan masalah kesehatan tidak akan pernah berujung dan tidak pula terselesaikan jika kita hanya duduk berdiam diri di ranah teori saja. Pernahkah kita berpikir bahwasanya kesehatan kita sangat penting sekali dalam menunjang kehidupan kita menuju hidup yang lebih baik? Jika kita sadar demikian, sewajarnyalah kita berupaya untuk memulainya dari sekarang sebelum kita melangkah lebih jauh pada jalan yang keliru dan kita memiliki kesadaran dari dalam diri untuk memulainya dari saat ini sebelum semuanya terlambat. Jangan sampai ada penyesalan yang menghantui di sisa hidup kita yang kita miliki, keputusan yang tepat akan membuat kita sadar arti pentingnya sebuah keberanian untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Bukankah kesehatan tubuh merupakan dambaan setiap manusia yang sadar akan kehidupannya untuk bisa merasakan hidup bahagia? Iya, Memang demikian pada kenyataannya, semua kita yang memiliki kesadaran penuh pada diri kita akan benar-benar menjaga dan memelihara kondisi kesahatan diri kita masing-masing. Ending dari semua itu adalah pencapaian kebahagiaan dalam hidup.

Kita hidup di abad yang penuh warna dengan teknologi canggih. Apapun yang kita lakukan semuanya tidak lepas dari campur tangan teknologi, tentunya semua alat canggih hasil karya manusia mencipta teknologi di tujukan untuk memudahkan kita dalam mewujudkan apa yang kita inginkan dan memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Begitunpula halnya pada Kemajuan Teknologi di bidang kesehatan yang melaju dengan pesat. Ilmu pengobatan pun berkembang dengan begitu cepatnya. Tapi justru Ironisnya, jumlah orang yang jatuh sakit juga terus meningkat setiap tahunnya. Jika perkembangan teknologi di bidang medis terus melaju dengan cepat. Pengobatan memang sewajarnya telah benar-benar berkembang. Tapi Mengapa kuantitas orang yang jatuh sakit tidak menjadi sedikit? Kenapa akhir-akhir ini banyak di temukannya model penyakit baru yang jauh lebih beragam dari sebelumnya dan bahkan penyakit tersebut tidak jarang berakhir pada kematian? Apakah pendekatan ilmu kedokteran modern berlandaskan pada filosofi pemikiran yang salah dalam memandang kesehatan manusia?

Ini tentunya menjadi Tugas berat Bagi para dokter dan tenaga kesehatan/ medis lainnya. Tapi semua itu tidak selayaknya jika kita terus membebankan beban tanggung jawab yang berat kepada tenaga medis saja, Tugas penting ini adalah tanggung jawab kita sendiri dalam memecahkan persoalan kesehatan kita sendiri. Jika kita sadari demikian, maka tentunya dapat menekan laju perkembangan penyakit yang akan menghinggapi setiap kita. Dan kita akan lebih terbebas dari penyakit serta kita akan benar-benar bisa menikmati kesehatan tubuh yang perima sebagai bagian dari tonggak awal hidup bahagia.

Sebuah majalah Success Magazine melaporkan hasil penelitian terhadap apa yang masyarakat anggap sebagai simbol kesuksesan: kesehatan yang baik (58%), pekerjaan yang menyenangkan (49%), keluarga bahagia (45%), kedamaian pikiran (34%), sahabat-sahabat yang baik (25%), intelelegensia (15%), uang yang tak terbatas (11%), talenta (7%), nasib baik (6%), mobil mewah (2%), rumah mahal (1%). Dari hasil penelitian ini, ternyata bahwa memiliki kesehatan yang baik adalah lambang sukses dengan persentase yang tertinggi yang dinilai masyarakat. Tentu menjadi kabar bahgia bagi kita semua, kesehatan yang kita miliki adalah lambang kesempurnaan dan jauh lebih utama dari kebutuhan lainnya.

Jadi tidak ada yang lebih penting dari kesehatan, dengan kesehatan yang prima kita akan mampu untuk memulai kehidupan yang lebih baik dan mampu meraih segala apa yang kita impikan selama ini dalam perjalanan hidup kita. Tidak ada nilainya harta kekayaan yang melimpah jika kita mengalami kondisi tubuh yang sering di derita suatu penyakit yang membuat kita tidak bisa untuk mencipta dan berkereasi. Tidak ada gunanya pangkat dan atau kedudukan yang tinggi melebihi segalanya jika tidak memiliki kesehatan yang baik. Dengan kesehatan kita akan benar-benar merasakan nikmat Tuhan Yang Maha Kuasa, pengatur siklus kehidupan alam semesta. maka kebahagiaan akan ada di tangan kita masing-masing. Merasa bahagia dan rasa syukur pada kehidupan mampu untuk meningkatkan dan fungsi kekebalan tubuh dan mampu menciptakan sinergisitas antara fungsi mental dan fisik manusia itu sendiri dalam mempertahankan diri di kehidupannya.

Pada umumnya ada dua faktor yang membuat kita bertahan dalam menjalani hidup, yaitu: (1) motifasi untuk merasakan hidup positif yaitu bahagia, dan (2) motifasi dasar untuk dapat terhindar dari segala penderitaan. Pada diri manusia, terdapat satu faktor unik yang yang mampu membuat kita terhindar dari sebuah tahap menuju sebuah kehancuran pada penderitaan yaitu adalah motifasi sebagai lokomotif sekaligus sebagai ruh untuk mampu bertahan dan sekaligus mengubah peluang kehancuran menjadi sebuah awal kehidupan yang baru dan kebahagiaan. Faktor unik ini yang melekat pada setiap indifidu untuk menentukan pola hidupnya menjadi pola hidup sehat. Karena pada hakikatnya sehat itu adalah ketika berbagai aktif secara teratur dan di mana pola yang di jalankan mengikuti pada hukum alam yang berlaku yaitu keteraturan. Misalnya saja, kita butuh istirahat, butuh makan dan minum, butuh waktu untuk relaksasi-istirahat, dll.

Perlu kita sadari bersama ilmu kedokteran yang telah terpecah-pecah menjadi spesialisasi yang begitu banyak ragamnya tidak terlalu atau kurang memperhatikan faktor-faktor penggerak utama yang di miliki manusia yaitu kurangnya perhatian terhadap mental seperti dorongan motifasi, cinta, kasih sayang dan lain sebagainya. Dorongan mental inilah yang berperan penting dan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan manusia dan tak kan tergantikan bagi siapapun yang ingin hidup penuh energi dan menemukan hidup sehat dan lebih prima.

Menjawab pertanyaan di atas, kenapa jumlah dari orang yang jatuh sakit semakin meningkat? Sebenarnya jika kita meresapi sejenak, penyakit yang semakin menjangkiti sebagian besar manusia modern adalah pola hidup yang tidak sehat. Pada akhirnya tubuh manusia modern banyak mengalami ketidak seimbangan dan memberikan peluang besar bagi datangnya penyakit yang beragam macam dan bentuk serta namanya yang asing di telinga kita. Sangat di sayangkan jika hal demikian terjadi. Pola hidup yang tidak seimbang menghantui setiap kita. Yang dulunya kita mungkin rajin berolah raga, sekarang sudah mulai di tinggalkan.Pola makan yang tidak teratur dan makanan yang banyak kita konsumsi adalah makanan yang banyak mengandung bahan berbahaya bagi tubuh, di dalam makanan tersebut banyak mengandung bahan kimia berbahaya, jika semuanya terakumulasi di dalam tubuh kita, pada akhirnya semuanya akan meledak bagaikan bom waktu yang tinggal menunggu waktu untuk dapat menghancurkan tubuh kita.

Dewasa ini kita terlalu memandang aspek estetis dari apa yang kita konsumsi tanpa melihat manfaat yang di berikan untuk kesehatan tubuh kita. Memang perlu memperhatikan nilai estetis apa yang kita konsumsi tanpa harus melupakan aspek yang paling utama yaitu manfaat yang akan kita peroleh untuk kesehatan kita atas apa yang telah kita konsumsi. Kriteria dalam memilih makanan menentukan dalam kesehatan kita. Makanan yang kita konsumsi pada akhirnya akan menjadi diri kita sendiri. Bukankah makanan itu akan menjadi bagaian pembentuk tubuh kita dan menjadi sumber energi bagai sistem organis dalam tubuh yang akan bekerja setiap waktu dalam organ tubuh kita sendiri. Karena itu betapa pentingnya makanan bagi kesehatan hidup kita jika kita sadari sepenuhnya.

Ada faktor penting yang banyak di lupakan manusia modern adalah kesehatan mental dan kehidupan sprittual mereka sendiri. Kesehatan mental adalah pencetus utama munculnya pikiran dan perasaan positif. Dengan pikiran dan perasaan positif, kita akan meyakinkan diri kita arti pentingnya anugrah tuhan yang kita miliki dan kita sadar bahwasanya semua itu tidak sia-sia. Secara tidak kita sadari, pada tubuh kita tercipta proses yang panjang untuk membentuk sistem imunitas dalam menghalau serangan dari luar berupa kuman penyakit dan hal-hal yang tidak di inginkan oleh tubuh. Kebanyakan kita yang hidup sekarang ini bergaul dengan stress dan depresi atau mungkin bahkan menjadi bagian hidup kita yang melekat dengan hidup kita sehari-hari, dengan demikian daya tubuh kita menurun setahap-demi setahap dan pada akhirnya memudahkan penyakit untuk menjangkiti kita. Dengan demikian beragam penyakit akan masuk dengan mudahnya kedalam tubuh kita, mulai dari penyaki-penyakit biasa yang di temukan di orang-orang di sekitar sampai model penyakit yang tidak pernah ada sebelumnya dengan daftar-daftar nama penyakit baru yang asing di telinga kita. Semua bermunculan akibat penerapan pola hidup yang tidak sehat.

Bagaimana jika anda telah di hinggapi oleh suatu penyakit tertentu? Jangan khawatir, sebenarnya kunjungan anda untuk berobat kedokter adalah bagian dari usaha dan kecintaan anda untuk menciptakan hidup yang sehat kembali lagi. Perlu kita sadari, peran seorang dokter tidak lebih untuk menciptakan peluang dalam usaha membuat anda sehat kembali. Pokok uatamanya ada pada diri anda sendiri. Ingat! Tubuh anda sendiri memiiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan diri sendiri. Hanya tubuhlah yang memegang peran penting untuk menciptakan kesembuhan bagi dirinya sendiri, hanya saja seorang dokter menciptakan ruang bagi terjadinya penyembuhan tersebut bagi diri anda. Karena menyembuhkan berarti memberikan motifasi bagi tubuh anda dan pikiran serta perasaan anda agar benar-benar merasa bahagia, keteguhan hati dan kekuatan rasa syukur itulah akan dapat membuka pintu menuju berbagai kemungkinan positif bagi hidupnya. Seorang yang bahagia dan mensyukuri arti hidupnya kemungkinan besar memiliki kesehatan yang baik di bandingkan dengan orang yang tidak memiliki atau kurangnya rasa bahagia dan tidak adanya rasa syukur dalam hatinya. Dengan demikian kesehatan tubuh anda akan pulih kembali, tidak lagi berujung pada kehancuran.

Sebenarnya kesalahan apa yang terjadi saat sekarang ini di dalam upaya dunia kedoteran dalam menciptakan peluang besar bagi kesehatan manusia? Filosofi pemikiran dunia kedokteran yang salah? Ternyata tidak, filosofi pemikiran tersebut harus kita lengkapi bersama, yaitu upaya pencegahan untuk menekan munculnya penyakit, tidak hanya bergantung pada upaya penatalaksaan tindakan medis saat penyakit itu datang, tetapi yang paling penting mencegah munculnya suatu penyakit itu sendiri.

Bagaimana caranya? Ternyata cara yang paling efektif bukan datang dari obat yang memiliki dosis tinggi, suplemen yang sengaja di ciptakan untuk kesehatan manusia dengan kemampuan yang luar biasa, metode terapi yang paling efektif, bukan pula dengan teknologi supercanggih yang di miliki manusia modern saat sekarang ini. Semua itu akan mampu kita miliki jika kita memulai dengan pola hidup sehat, mencintai diri kita sendiri dan menyadari arti pentingnya hidup sebagai wakil tuhan dalam mengatur kehidupan di muka bumi ini. Kebiasaan baik, betapapun kecil pada awalnya, akan sangat berdampak positif bagi terciptanya kesehatan yang prima. Ilmu pengobatan seharusnya di dasari pemikiran untuk menjaga kesehatan. Karena dengan menjaga kesehatan, daya serang penyakit semakin kecil. Dan tentunya anda akan merasakah kehidupan yang lebih sehat dan bahagia sepanjang masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar