Selasa, 08 Januari 2013

AHA.... Semarakkan hidup anda, Sekarang juga!!!

Dalam hidup ini, terkadang datang suatu masa dimana kita benar-benar dihadapkan pada kondisi bathin yang membuat kita benar-benar merasakan suatu penderitaan sehingga kita merasakan kegelisahan luar biasa yang membuat segala sesuatunya terlihat tak bermakna. Dalam kondisi yang demikian itu, tidak mengherankan jika begitu banyak orang berlomba-lomba mencari solusinya dengan cara mengejar kesuksesan demi kesuksesan ini dan itu seperti halnya mencari harta, pangkat dan lain sebagainya. Semua itu dijalani agar terhindar dari kondisi mental yang membuat segalanya tak berati yaitu “kegelisahan” atau dalam bahasa anak muda sekarang disebut dengan istilah; “GALAU”. Istilah yang cukup keren sekaligus beken, namun menjadi momok yang sangat menyeramkan, bukan?

Inilah mengapa semua orang berusaha terlepas dari penderitaan hidup yang demikian, dengan cara apapun itu. Pada dasarnya semua orang sedang bergerak maju untuk mencapai kesuksesan masing-masing dengan cara mengumpulkan segala keperluan yang dipersepsikan mampu membawa kehidupannya menjadi lebih menawan sekaligus menabjubkan, seperti misalnya mencari harta kekayaan dan kekayaan, dan lagi lagi kekayaan. Dalam yakin mereka, kekayaan jualah yang nantinya mampu membeli kebahagiaan yang selama ini mereka cari-cari dalam hidup ini. Namun dibalik kesibukannya mencari harta kekayaan, terkadang mereka lupa satu hal; menikmati kehidupan saat ini dan detik ini juga dengan suka cita.

Sebenarnya hidup ini tidak menuntut banyak untuk bisa merasakan kehidupan luar biasa penuh kebahagiaan. Kita akan bisa merasakan kebahagiaan dalam segala kondisi tanpa berbekal apapun selain kebahagiaan itu sendiri. Bagaimana caranya menikmati hidup tanpa bekal sepersenpun???

Untuk berbahagia, banyak orang yang berorientasi pada sesuatu diluar dirinya; seperti halnya mengharapkan kekayaan yang banyak. Padahal banyak sekali orang yang memiliki seuatu ini dan itu tetapi tidak dapat menikmati kehidupannya sendiri. Itu karena mereka terus dituntut untuk memikirkan yang lain lagi. Ini bukti, bahwa kepemilikan menuntut untuk memiliki sesuatu yang lebih dari sebelumnya. Selalu saja berkejaran dan berkejaran tanpa pernah berhenti, menuntut untuk dipenuhi, bahkan terkadang sangat membosankan sekaligus mengkhawatirkan. Jika ceritanya demikian, tidak akan pernah ada kepuasaan terhadap apa yang dikaruniakan tuhan kepadanya. Ini artinya, kekayaan yang berlimpah, belum tentu memiliki keberlimpahan berkah didalamnya.

Jika boleh berterus terang, sesungguhnya didalam pikiran kita ini seringkali diisi oleh sesuatu yang belum kita miliki, berharap untuk dimiliki. Padahal, untuk bisa menikmati hidup ini, kita harus merasa cukup dengan apa yang ada saat ini, yaitu mengisi pikiraan kita dengan apa yang tuhan karuniakan saat ini.

Sebenarnya yang membuat kita galau adalah merasa tak berdaya dengan apa yang ada dalam diri, pun juga ditambah dengan ragam tuntutan-tuntutan yang sebenarnya tidak perlu dibesar-besarkan. Inilah mengapa, kebahagiaan hanya milik mereka yang mampu bersyukur atas apa yang dikaruniakan tuhan dalam kehidupannya, sekecil apapun itu, jika rasa syukur selalu ada dan selalu berperasangka baik bahwa betapa kasihnya tuhan dalam kehidupan, maka kehidupan ini mengantarkan kita pada kebahagiaan yang sesungguhnya.

Ini mengingatkan kita satu hal, tak perlu kaya dahulu untuk bisa menikmati kehidupan ini, karena setiap orang berhak untuk bahagia. Baik itu, saya, anda dan juga mereka. Kita semua berhak untuk merasakan kebahagiaan, karena dalam kebahagiaan itulah tersimpan kehidupan yang menabjubkan dimana kita bisa merasakan makna hidup disetiap harinya, lebih-lebih merasakan kehadiran tuhan yang telah melimpahkan karunia kehidupan kepada manusia.

Hanya saja, tidak semua orang tahu caranya. Yang ada justru mereka yang berharap memiliki ini dan itu, lantaran itu mereka bahagia. Ketahuilah, bukan karena kepemilikan yang membuat kita bahagia, namun bagaimana kita menikmati hidup dengan apa yang ada sebagai suatu karunia yang luar biasa, itulah sumber kebahagiaan yang membuat kita merasakan bahwa hidup ini benar-benar luar biasa.

Ketahuilah, sejatinya kebahagiaan tidak dinanti hari esok ataupun tahun depan, namun kita bisa merasakannya saat ini juga. Kita bisa merasakan kehadiran kebahagiaan yang sesungguhnya. Dalam hidup ini, kita merasa suatu hal yang luar biasa sedang terjadi, sehingga segala sesuatu terasa indah untuk kita jalani, semua terlihat berlimpah dalam kebahagiaan, semua itu muncul dari diri yang benar-benar membuka diri terhadap nikmat yang dikaruniakan kepadanya. Bukankah Yang Maha Kasih pernah berpesan demikian, “Jika kalian bersyukur, maka akan aku tambahkan nikmat-Ku kepada kalian. Dan jika kalian menginggkarinya, maka sungguh azab-Ku sangat pedih”. Masih ingatkah anda dengan pesan suci tersebut? Atau jangan-jangan kita memang sengaja melupakannya. Keep spirit for our life better...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar